Strategi Pemasaran Bagi UMKM
Hal apa yang harus dilakukan agar masyarakat menyukai produk tersebut? Bagaimana cara memasarkan produk tersebut? Bagaimana contoh strategi pemasaran untuk UMKM yang baik dan efektif?
Perlu diketahui, mengetahui cara pemasaran produk yang tepat adalah poin penting dalam menentukan performa perusahaan. Hal ini harus dilakukan agar produk bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga dibutuhkan strategi pemasaran untuk UMKM yang baik dan efektif.
Berikut beberapa contoh strategi pemasaran untuk UMKM yang bisa Anda coba:
1. Buat Produk yang Unik
Produk yang unik dan memiliki keunggulan, cenderung menarik perhatian banyak orang. Contoh strategi pemasaran untuk UMKM yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat produk yang unik dan memiliki keunggulan dibandingkan produk sejenis lainnya.
Selain itu, pastikan produk yang Anda buat berkualitas dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini akan membantu Anda dalam menghadapi persaingan pasar dan bisa membuat pelanggan loyal terhadap produk Anda.
2. Menjadi Networker
Contoh strategi pemasaran untuk UMKM berikutnya adalah dengan menjadi networker. Networker adalah seseorang yang memiliki jaringan luas dan sifat optimis dalam menjalankan bisnisnya. Anda bisa mulai melebarkan dan meluaskan jaringan sekarang juga.
Namun, jika dirasa Anda masih kurang percaya diri, Anda bisa mempekerjakan seorang tenaga pemasaran untuk memperluas jaringan UMKM. Tidak ada salahnya untuk mulai belajar hal baru untuk kebaikan bisnis Anda.
3. Tentukan STP
STP merupakan singkatan dari segmenting, targeting, dan positioning. Ketiga hal ini saling berhubungan. Dalam melakukan segmenting, Anda bisa memulai dengan membagi pelanggan berdasarkan beberapa kelompok di pasar produk.
Kemudian, tentukan targeting dengan memutuskan siapa yang menjadi target pasar utama Anda. Langkah selanjutnya adalah positioning, dimana Anda harus menentukan posisi produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan setiap target pasar.
4. Manfaatkan E-commerce
Contoh strategi pemasaran untuk UMKM selanjutnya adalah dengan memanfaatkan e-commerce. Seperti yang kita ketahui, saat ini e-commerce sedang naik daun dan banyak penggunanya. Jadi Anda bisa memasarkan produk dengan memanfaatkan aplikasi ini.
Pemasaran produk dengan e-commerce memberikan manfaat bagi perusahaan. Yaitu, murah dan efisien, memiliki akses tanpa batas, dan bisa memperpendek jarak distribusi produk. Selain itu, karena pandemi covid-19, banyak pengguna yang memilih aplikasi e-commerce untuk membeli kebutuhan sehari-hari.
5. Buat Iklan
Setelah membuat produk, contoh strategi pemasaran untuk UMKM berikutnya adalah membuat iklan. Pastikan iklan yang Anda buat memiliki tujuan yang jelas karena akan mempermudah Anda untuk mencapai tujuan tersebut.
Sesuaikan produk yang Anda buat dengan iklannya. Misalnya Anda ingin memperkenalkan produk makanan atau minuman dengan rasa baru, maka fokus Anda haruslah tertuju pada tujuan rasa baru itu saja.
6. Buat Promo yang Menarik
Promosi yang menarik adalah salah satu contoh strategi pemasaran untuk UMKM yang efektif. Hal ini tentunya akan langsung menarik minat pelanggan dan banyak orang untuk membeli produk yang sedang promosi tersebut.
Promosi yang Anda berikan bisa berupa diskon, hadiah (buy one get one), cashback, atau bentuk promosi lainnya. Manfaatkan momen-momen tertentu untuk memberikan promosi ini. Misalnya pada saat lebaran, tahun baru, hari raya, atau saat UMKM Anda berulang tahun.
7. Berikan Service Terbaik untuk Pelanggan
“Pembeli adalah raja”, kata-kata tersebut memang benar adanya. Sebagai pengusaha, kita harus bisa dan mampu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Terutama di dunia bisnis, dimana komunikasi dan interaksi menjadi kunci untuk menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan.
Oleh karena itu, contoh strategi pemasaran untuk UMKM berikutnya adalah dengan memberikan service terbaik untuk pelanggan Anda. Selain bisa membuat pelanggan setia, hal ini juga bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka.
8. Lakukan Pendekatan Pada Pelanggan
Salah satu contoh strategi pemasaran untuk UMKM adalah dengan melakukan pendekatan pada pelanggan. Hal ini ada kaitannya dengan aktivitas promosi. Anda bisa mempelajari banyak tipe karakter pelanggan dalam melakukan penjualan.
Untuk memulainya, Anda bisa melakukan pendekatan pada pelanggan layaknya seorang teman. Sehingga para pelanggan akan merasa nyaman dan tidak terburu-buru dalam berbelanja.
Sumber :
https://www.kitalulus.com/blog/bisnis/cara-menerapkan-strategi-pemasaran/