Manajemen Pemasaran

Strategi Manajemen Pemasaran - UMSU Fakultas Ekonomi Terbaik
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu-individu dan kelompok-kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan produk dan jasa serta nilai antara seseorang dengan yang lainnya. Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga ke tangan konsumen, tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan secara berkelanjutan, sehingga keuntungan perusahaan dapat diperoleh dengan terjadinya pembelian yang berulang.

Tujuan dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menciptakan suatu produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan.
Dasar pemikiran pemasaran dimulai dengan adanya kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands); produk (barang, jasa, gagasan); nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran dan transaksi; hubungan dan jaringan; pasar; pemasar dan calon pembeli.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan manajemen pemasaran adalah sebagai berikut :

1. Analisis pasar. Salah satu penerapan manajemen pemasaran adalah melakukan analisis pasar untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan melakukan survei, wawancara, dan observasi terhadap pelanggan.

2. Penentuan harga. Penerapan manajemen pemasaran lainnya adalah menentukan harga produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan kondisi pasar. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan biaya produksi, persaingan, dan keuntungan yang diinginkan.

3. Promosi. Penerapan manajemen pemasaran selanjutnya adalah melakukan promosi produk atau jasa perusahaan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan berbagai media, seperti iklan, brosur, dan media sosial.

4. Distribusi. Penerapan manajemen pemasaran juga meliputi distribusi produk atau jasa perusahaan. Hal ini dilakukan dengan memilih saluran distribusi yang tepat untuk mencapai pelanggan dengan efektif.

5. Pelayanan pelanggan. Penerapan manajemen pemasaran terakhir adalah memberikan pelayanan pelanggan yang baik. Hal ini dilakukan dengan memberikan informasi yang jelas dan akurat tentang produk atau jasa perusahaan, serta memberikan layanan purna jual yang memuaskan.


Sumber : Rahayu, Budi.(2017).Manajemen Pemasaran.Denpasar: Universitas Udayana.